Tuesday, January 19, 2010

Beasiswa StuNed Belanda untuk Para Mid-career Professional Indonesia

StuNed

StuNed, singkatan dari Studeren in Nederland atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda kepada para mid-career professional Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia.

Program Beasiswa StuNed

Program beasiswa StuNed bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Melalui program beasiswa StuNed, para peminat individual dapat mengikuti program master dan short course di Belanda. Sementara bagi institusi dapat mengajukan proposal untuk group application dan atau refresher course.

Prioritas akan diberikan kepada calon peserta yang berasal dari organisasi-organisasi lokal yang ber mitra dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda seperti departemen/lembaga pemerintah non departemen, pemerintah daerah, LSM dan juga sektor swasta yang memiliki keterkaitan erat dengan isu-isu pembangunan.yang relevan dengan Multi-Annual Strategic Plan (MASP) 2008-2011. Kedutaan Besar Kerajaan Belanda. Di samping itu, prioritas juga diberikan kepada kandidat perempuan dan calon peserta dari luar Jawa.

Merujuk kepada MASP Kedutaan Belanda, berikut adalah sektor-sektor yang mendapatkan prioritas dan perhatian dari program beasiswa StuNed:

· pendidikan

· good governance

· iklim investasi

· manajemen air

· penyediaan air bersih dan sanitasi

· lingkungan (fokus pada gambut)

· energi yang berkelanjutan

Semua program studi terkait sektor di atas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, karenanya kemampuan berbahasa Inggris (IELTS/TOEFL) menjadi salah satu syarat utama program beasiswa ini.

Setelah menyelesaikan studi di Belanda, penerima beasiswa diharuskan kembali ke Indonesia dan diharapkan meneruskan komitmennya bagi pembangunan melalui institusi tempat mereka bekerja.

Profil Kandidat

Program beasiswa StuNed dibuat khusus untuk para profesional Indonesia dengan masa kerja minimum dua tahun di tempat kerja terakhir. Prioritas diberikan kepada mereka yang bekerja pada organisasi-organisasi mitra Kedutaan Besar Kerajaan Belanda.

Kandidat StuNed idealnya memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi dari mitra Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektivitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.


Pilihan Program Studi

Secara umum program studi yang terdapat di situs www.studyinholland.nl dan berkaitan erat dengan fokus area MASP Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan sektor-sektor pembangunan Indonesia dapat dipilih, misalnya:

* Law and human rights studies

* Social studies

* Environmental studies

* Urban and regional planning

* Agriculture oriented studies

* Education oriented studies

info lengkap bisa di baca di sini

No comments:

Post a Comment